Kejari Karimun “Diduga Keras Endapkan Kasus Korupsi", Menpan RB Perintahkan Pejabat dan PNS Berijazah Palsu Dicopot, SI JAGO MERAH MENGAMUK DI BAPPEDA KARIMUN, Tekad PKS Akan Menangkan Rafiq Jadi Bupati Karimun Periode 2015-2020, Pemerintah Menetapkan Gaji Pensiunan PNS Terendah Rp. 1.486.500,-, Hussein: "Kami Tak Meminta Apapun,Hanya Kedamaian Beribadah", Kajari Karimun, Rudi Margono SH. Diminta Tuntaskan Kasus Korupsi Yang Diendapkan Supratman Khalik SH.,

Kamis, 24 Juli 2014

ANAK ADALAH AMANAH WAJIB DILINDUNGI



Tg Balai Karimun KNs.
Allah Tuhan yang Esa menciptakan alam semesta ini, berpasang-pasangan terutama Manusia selaku khalifatullah. Dari kondisi itu, lalu mereka dianjurkan untuk menikah terutama bagi umat yang ber agama Islam-red untuk memperoleh keturunan/anak.

Karena anak adalah amanah dari sang pencipta, maka wajib dilindungi dari berbagai aspek hukum untuk kelangsungan hidupnya. Artinya anak yang lahir dari kandungan ibunya (Bayi) mereka wajib dibelai dengan belaian kasih sayang terutama dari kedua  orang tuanya hingga dewasa (Akil Baligh) demikian juga sebaliknya apabila anak mendapatkan tindak kekerasan dan sebagainya maka pelaku akan mendapatkan sanksi hokum sesuai peraturan dan undang undang yang berlaku.


Aspek hukum
Apabila orang tua dan/atau siapa saja yang melakukan tindakan kriminil/kekerasan terutama kepada
anak yang wajib dilindungi kelangsungan hidupnya diancam dengan hukuman kurungan badan 15 tahun penjara sebagaimana diatur melalui Undang undang RI No 23 Th 2002 tentang perlindungan anak (Pasal 81 dan pasal 82 KUH Pidana-red).

Salah seorang gadis remaja
 korban kekerasan seksual (Foto net)
Akhir akhir ini kita ketahui bahwa kekerasan anak itu tidak saja pada penganiayaan fisik, melainkan sampai pada perbuatan seksual terhadap anak dibawah umur membuat sianak menjadi trauma berkepanjangan hingga puluhan tahun. Salah seorang pakar psikolog dalam bukunya berjudul “Keharmonisan rumah tangga mengisahkan, bahwa apabila terjadi kasus seksual terhadap anak, maka harus membutuhkan waktu 18 tahun untuk pemulihan mental dan psikologi korban.

Sikap antisipasi Pemerintah Republik negeri ini terkait tindak kekerasan dan pelecehan seksual sebagaimana dimaksud adalah menjadi tanggung jawab seluruh elemen bangsa ini terutama orang tua untuk memberikan pendidikan dan pengawasan anak agar tidak lepas kendali.

Pentingnya tanggung jawab terhadap kelangsungan hidup anak, dan akhirnya pemerintah membentuk sebuah wadah nasional disebut “Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) . Wadah ini sangat strategis dan menyebar hampir keseluruh Indonesia,karena secara tatanan nasional dan organisatoris, akan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Negara/Presiden RI.

Faktor penyebab terjadinya tindak pidana seksual dan sebagainya, tidak saja akibat dari lemahnya pengawasan terkecuali hal hal lain sebagai penyebab seperti kondisi ekonomi, pergaulan bebas tanpa pengawasan dan sebagainya sehingga membuat terjadinya kasus yang tidak diinginkan bersama itu terjadi. 

Peran pemerintah daerah  

Setiap kepala daerah mulai dari tingkat Gubenur hingga Camat diseluruh Indonesia, harus memiliki peta politik ekonomi dengan terlebih dahulu membaca potensi daerah dan grafik penduduk dalam rangka pemerataan pendapatan perkapita. Kalau kondisi ekonomi masyarakat di setiap daerah dinyatakan mapan setelah pemerintah menerapkan program yang konprehensif, maka tindak pidana kejahatan akan berkurang dan bahkan tidak akan terjadi lagi dikemudian hari.

Program yang diterapkan pemerintah selama ini seperti program pendidikan baik umum maupun agama, serta program pemerataan dibidang ekonomi dan social budaya, sudah bagus, kata H. Zainal Abidin Khand salah seorang pengusaha yang sukses dibidangnya pada portal berita “Karimun News.com saat dimintai komentarnya sebelum berita diunggah.

Kalau saya melihat perlu ada peningkatan taraf  hidup masyarakat menuju perubahan. Artinya pemerintah harus memiliki program jitu menyentuh kebutuhan masyarakat merubah pola hidup mereka dengan melihat peluag sebagai indicator yang bisa merubah pola hidup ekonomi sederhana/layak menjadi menengah hingga mapan, untuk memerangi hal hal yang tidak diinginkan. Pungkas Zainal mengakhiri. KNs. Daktur

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...