Kejari Karimun “Diduga Keras Endapkan Kasus Korupsi", Menpan RB Perintahkan Pejabat dan PNS Berijazah Palsu Dicopot, SI JAGO MERAH MENGAMUK DI BAPPEDA KARIMUN, Tekad PKS Akan Menangkan Rafiq Jadi Bupati Karimun Periode 2015-2020, Pemerintah Menetapkan Gaji Pensiunan PNS Terendah Rp. 1.486.500,-, Hussein: "Kami Tak Meminta Apapun,Hanya Kedamaian Beribadah", Kajari Karimun, Rudi Margono SH. Diminta Tuntaskan Kasus Korupsi Yang Diendapkan Supratman Khalik SH.,

Rabu, 25 Februari 2015

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KARIMUN TIDAK TRANSPARAN MENGGUNAKAN DANA APBD Kab. KARIMUN

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KARIMUN
TIDAK TRANSPARAN MENGGUNAKAN DANA APBD
KAPOLRES KARIMUN AKBP SUWONDO NAINGGOLAN
DIMINTA USUT ANGGARAN KEGIATAN DI INSTANSI TERSEBUT
UNTUK TRANSPARANSI PUBLIK

Tg Balai Karimun-KNs.
Setiap kegiatan menggunakan dana APBN/APBD harus dilaksanakan secara transparan sebagaimana diamanatkan melalui Undang undang RI No 14 Th 2008. Pantauan portal berita “Karimun News.Com di dinas pendidikan kabupaten Karimun, mencatat beberapa kegiatan  menggunakan anggaran APBD dengan pagu anggaran ratusan juta rupiah namun pihak Dinas Pendidikan setempat sangat tertutup dengan anggaran yang digunakan itu.

Dari beberapa Acatatan kegiatan dilakukan oleh dinas pendidikan Kab Karimun, kesannya tidak transparan sehingga patut diduga beraroma KKN. Kegiatan sebagaimana dimaksud diantaranya ialah bimbingan teknis tentang penggunaan dana BOS kepada guru guru tingkat SD, SLTP dan SLTA  se Kabupaten Karimun.

Dengan melibatkan peserta sebanyak 364 orang, bertempat di Sekolah
Mengah Kejuruan (SMK) kecamatan Tebing Kabupaten Karimun, dan sesuai jadwal kegiatan dilaksanakan selama dua hari terhitung Selasa tanggal 10 s/d Rabu 11 Februari 2015.

Anggaran digunakan untuk kegiatan itu, diperkirakan ratusan juta rupiah, dan untuk transparansi public tentang penggunaan uang rakyat negeri ini, maka Crew Karimun News menelusuri permasalahan tersebut di pihak yang memiliki kompetensi dilingkungan dinas pendidikan setempat.
                               J:\DCIM\100MEDIA\FILE2146.JPG
Riawati SPd.
Kabid pendidikan dasar dan menengah

Saling lempar tanggung jawab
Kabid pendidikan dasar dan menengah Riawati SPd. Saat dikonfirmasi diruang kerjanya terkait permasalahan tersebut, pihaknya memembenarkan kegiatan tersebut. Kegiatan ini kami  selenggarakan selama dua hari yaitu Selasa dan Rabu sedangkan guru guru dari luar Karimun Besar, kami cek in kan pada hari Senin tanggal 9 Februari 2015. 

    Ditanya tentang anggaran kegiatan, dirinya mengaku kalau selama ini selalu diaudit oleh inspektorat untuk transparansi anggaran dan akuntabilitas public. Berapa anggaran keseluruhan untuk kegiatan itu bu ? ketus media. Kalau masalah itu sebaiknya tanyakan saja langsung dengan pak Bakri selaku Sekretaris dinas karena permasalahan anggaran, biarlah pak Sekretais Dinas sajalah yang langsung menjelaskan. Elak Riawati.

Bakri Hasyim saat dikonfirmasi diruang kerjanya pada 23/2 dengan nada santai dan terkesan enteng menjawab “untuk apa ditanyakan masalah itu, tak usah ditulislah. Pintanya pada media dengan nada sedikit berseloroh.  Lebih lanjut dikatakan dia kalau anggaran yang digunakan untuk itu lebih kurang seratus jutaan, begitulah kira kira.

Dari keterangan Bakri seperti disebutkan diatas, dan dapat ditarik kesimpulan secara garis besar yang logikanya dapat diterima secara akal sehat antara lain :

Jumlah peserta sebanyak 364 orang. Dari jumlah itu, dan di luar Karimun Besar rata rata 250 orang : 2 = 125 orang x Rp.150.000/kamar x 3 malam. Akomodasi untuk 364 orang x Rp 75.000/orang/hari x 3 hari. Uang saku peserta sebanyak 364 orang, diperkirakan Rp.300.000/perserta. Antar jemput/transportasi dari hotel ketempat acara selama 3 hari danbiaya  lain lain.

Karena pihak disdik Karimun disinyalir tidak transparan, maka masyarakat berharap kepada Anggota Polres Karimun pimpinan Suwondo Nainggolan untuk menyelidiki permasalahan tersebut ditubuh disdik setempat untuk transparansi public, sekaligus sebagai cermin masa depan terhadap pembangunan negeri ini terutama kawulah muda selaku generasi penerus pembangunan bangsa.  KNs. Stanly Massie

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...