Kejari Karimun “Diduga Keras Endapkan Kasus Korupsi", Menpan RB Perintahkan Pejabat dan PNS Berijazah Palsu Dicopot, SI JAGO MERAH MENGAMUK DI BAPPEDA KARIMUN, Tekad PKS Akan Menangkan Rafiq Jadi Bupati Karimun Periode 2015-2020, Pemerintah Menetapkan Gaji Pensiunan PNS Terendah Rp. 1.486.500,-, Hussein: "Kami Tak Meminta Apapun,Hanya Kedamaian Beribadah", Kajari Karimun, Rudi Margono SH. Diminta Tuntaskan Kasus Korupsi Yang Diendapkan Supratman Khalik SH.,

Kamis, 08 Oktober 2015

EMPAT PILAR PENEGAKKAN SUPREMASI HUKUM LALU LINTAS

AKP Bayu Kasat Lantas Polres Karimun
      
Tg Balai Karimun KNs

Proses penegakkan supremasi hukum dibidang lalu lintas, khususnya bagi pengemudi/pengendara kendaraan roda empat dan roda dua dijalan raya, wajib melengkapi surat kendaraan bermotor antara lain seperti SIM (Surat Izin Mengemudi) BPKB dan STNK berdasarkan ketentuan Undang undang RI No 22 Th 2009 Tentang Lalu lintas, sebagai perubahan atas UU No.14 Tahun 1999.

Demikian Kapolres Karimun AKBP I Made Sukawijaya dengan didampingi AKP Bayu selaku Kasat lantas Polres Karimun kepada Karimun News.com saat dikonfirmasi diruang kerjanya pada 7/10-015. Dijelaskannya bahwa dalam proses penegakkan hukum dibidang lalulintas, kami menetrapkan 4 (empat) pilar sebagai bagian yang tak terpisahkan dari amanat UU tersebut diatas antara lain :


  1. Nponsimen (Penegakkan hukum).
  2. Edukasi Lalu lintas
  3. Rekayasa Lalu lintas dan
  4. Stace holder

Diuraikannya bahwa hal tersebut pada pilar satu dan apabila terjadi kecelakaan lalu lintas dijalan raya dan  sebagainya, maka proses hukum wajib kami lakukan terutama dengan mengolah TKP/Tempat kejadian perkara, memeriksa kelengkapan dokumen kendaraan termasuk saksi untuk ditingkatkan statusnya menjadi ‘penyidikan.

Selanjutnya kepada pengendara, kami akan menjelaskan dalam bentuk edukasi tentang rambu jalan/perboden dan juga lampu traficlaik untuk dipatuhi bersama agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan (Laka lantas-red).

Disamping itu, kami juga melakukan reka yasa lalu lintas dalam artian, pada jam-jam tertentu kami siagakan anggota untuk mengantisipasi terjadi kemacetan antara lain seperti saat anak sekolah akan masuk belajar dan pulang sekolah ; atau pada jam tertentu bagi pegawai yang akan berangkat kekantor dan sebagainya.

Selain itu lanjut dia, khusus bagi pengendara kendaraan roda dua, selain wajib SIM dan wajib helem juga kelengkapan kendaraan seperti kaca spion, klakson dan lain sebagainya juga wajib dilengkapi untuk kenyamanan dan keselamatan bersama terutama kepada anak yang berusia 17 tahun, wajib memiliki SIM. Imbau Bayu yang pernah bertugas di Dirlantas Polda Kepri.

Berbicara tentang stace holder dalam bentuk koordinasi terjalin antar aparat pemerintah dan Kepolisian, adalah  merupakan hal penting untuk saling membahu dalam bidang tugas secara  tupoksi dan tentunya dalam hal ini melibatkan Dinas perhubungan, Satpol Pol PP dan sebagainya agar semua persoalan  terjadi dapat diatasi tanpa beban.

Seperti contoh kalau disuatu tempat yang akan didirikan bangunan Mool/supermarket dan atau tempat hiburan Disqotique dan sebagainya selain pemilik bangunan wajib memiliki IMB (Izin Mendirikan Bangunan)  juga  harus ada HAO (izin persetujuan lingkungan-red) selanjutnya di koordinasikan secara external dengan pertimbangan hal hal penting untuk dijadikan catatan antara lain seperti lokasi parkir kendaraan, jarak antara ruas jalan dengan lokasi bangunan sehingga antisipasi dini terhadap kemacetan dapat diatas bersama. Tukas Bayu 30 tahun jebolan PTIK Jakarta tahun 2015 dan mengaku baru bertugas di Polres Karimun lebih kurang 5 bulan itu

Diakhir penjelasannya Bayu panggilan akrabnya mengatakan “Untuk membangun koordianasi terjalin, atau selanjutnya disebut “FORKOMLALIN (FORUM KOMUNIKASI LALU LINTAS) POLRES KARIMUN DENGAN PEMDA aetempat,  kami sudah mengirim surat ke- Pemda  tapi belum ada jawaban mungkin dikarenakan berbagai kesibukan terutama memasuki tahapan pemilu kada serentak  di kabupaten Karimun Provinsi Kepri ini, sehingga kami belum mendapat tanggapan. Tutup Bayu. KNs (Stanly Massie)

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...