Kejari Karimun “Diduga Keras Endapkan Kasus Korupsi", Menpan RB Perintahkan Pejabat dan PNS Berijazah Palsu Dicopot, SI JAGO MERAH MENGAMUK DI BAPPEDA KARIMUN, Tekad PKS Akan Menangkan Rafiq Jadi Bupati Karimun Periode 2015-2020, Pemerintah Menetapkan Gaji Pensiunan PNS Terendah Rp. 1.486.500,-, Hussein: "Kami Tak Meminta Apapun,Hanya Kedamaian Beribadah", Kajari Karimun, Rudi Margono SH. Diminta Tuntaskan Kasus Korupsi Yang Diendapkan Supratman Khalik SH.,

Minggu, 23 Oktober 2016

WARTAWAN ADALAH MITRA


C:\Users\user\Desktop\IMG20161022090430.jpg

Spanduk Pelantikan Wartawan yang tergabung di FWKK
C:\Users\user\Desktop\IMG20161022110842.jpg
Tampak Bupati Karimun H. Aunur Rafiq ketika memberikan keterangan Pers pada rekan-rekan media
Tg Balai Karimun – KNs.com
Wartawan adalah profesi meliputi bidang tugas untuk mencari dan mengumpulkan bahan berita untuk disebarluaskan melalui media cetak, elektornik dan online sesuai amanat UU RI No 40 Th 1999. Permasalahan tersebut, selanjutnya dibentuk wadah wartawan Nasional atau dikenal dengan “PWI” (Persatuan Wartawan Indonesia) berkedudukan diSalatiga/Solo Jawa Tengah, dan sebagai pedoman kerja secara fundamental maka dibentuk UU RI No 11 Th 1966 untuk menaungi wadah tersebut.

Berdasarkan pasal 28  UUD Th 1945 tentang  kebebasan berserikat dan berkumpul untuk menyampaikan pendapat dimuka umum secara lisan maupun tertulis, dan akhirnya wadah wartawan berskala nasional dan kedaerahan tumbuh subur  diblantika nusantara, disejalankan dengan kebeasan Pers.


Dikabupaten Karimun Provinsi Kepri misalnya, terdapat banyak wadah wartawan salah satu diantaranya ialah Forum Wartawan Kabupaten Karimun (FWKK) dibentuk pada tahun 2006 silam oleh beberapa orang selaku penggagas, selanjutnya disebut “Pendiri” dan sesuai masa bhaktinya maka pada 22 Oktober 2016, Bupati Karimun H. Aunur Rafiq secara resmi melantik pengurus FWKK bertempat di gedung nasional Tg Balai Karimun masa bhakti 2016-2019.

Dalam pidato sambutannya Rafiq mengatakan, wartawan adalah mitra oleh karenanya maka perlu jalin kesinergian antara wartawan dengan pejabat pemerintah baik Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif lebih-lebih dengan masyarakat luas untuk penulisan berita berbalans. Mari bersama- sama kita membangun Karimun Kabupaten yang kita cinntai ini menjadi daerah yang aman, tentram dan kondusif sehingga keharmonisan masyarakat daerah ini menjadi skala prioritas dalam kebersamaan pada segala bidang, ajak Rafiq.

Lebih lanjut diungkapkan dia bahwa akhir-akhir ini Kabupaten Karimun menjadi incaran investor untuk investasi, dan hal itu secara kasat mata melihat telah ada beberapa perusahaan berskala nasional dan Internasional serta secara regional kedaerahan menanamkan modalnya             di Karimun, dan hal itu tentunya sesuai sub bidang dan spesifikasi masing-masing perusahaan, sehingga tenaga kerja yang terserap di antara perusahaan itu menjadi primadona, demikian Rafiq. 

Masih menurut dia bahwa untuk menjalin kesinergian sebagaimana dimaksud, maka setidaknya rekan-rekan wartawan diajak duduk bersama untuk berdialog minimal melalui acara seremonial/coffemorning sekurang-kurangnya tiga bulan sekali untuk saling tukar informasi/sharing pendapat agar semua permasalahan menjadi jelas dan transparan sehingga tidak menimbulkan berita sepihak. Terang Rafik sambil melirik kearah Kabag Humas                         & Protokoler Pemkab Karimun diacara pelantikan itu.   

Hal ini saya katakan karena peran media cetak dan elektronik serta online menjadi sangat besar artinya untuk melakukan publikasi yang nantinya mengundang investor lebih banyak lagi melirik Karimun. Kalau sudah demikian berarti pasokan daerah dan Negara dari sisi pajak/retribusi menjadi signifikan, disamping terserapnya tenaga kerja juga jadi skala prioritas. 

Tampak hadir diacara itu antara lain, Komandan Kodim 0317 Karimun yang diwakili Komandan Lanal Tg Balai Karimun serta pihak Polres juga diwakili, Kabag Humas & Protokoler M. Yosli mendampingi Bupati Karimun dan para tamu undangan yang hadir untuk menyaksikan jalannya acara pelantikan itu.

Judin Manik selaku Ketua terpilih mengawali sambutannya diacara itu mengatakan, terpilihnya saya menjadi Ketua FWKK ini, adalah berkat kerjasama dan dukungan semua pihak terutama rekan-rekan wartawan yang tergabung dalam wadah sebanyak ± 70 orang untuk memberi kepercayaan dengan meletakkan jabatan sebagai amanah ini diatas pundak saya selama 3 (tiga) kedepan.

Jujur saya katakan ungkap Judin, bahwa awalnya ada tiga kandidat calon untuk berkompetisi dalam bursa calon, ungkapnya sambil menyebutkan dua nama lain sebagai rivalnya. selain dari pada itu dan secara kronologis diungkapkan dia bahwa terbentuknya wadah FWKK ini sejak tahun 2006 silam, diprakasai oleh beberapa orang pengurus wadah diantaranya ialah PWI, PWRNI, HIPSI, AWK,PWI Reformasi dan beberapa media cetak harian ternama beredar                     di Kepri serta media elektronik STV Batam, rinci Judin Manik.

Diakhir pidatonya dia berharap agar dukungan semua pihak terutama Pemkab Karimun serta rekan-rekan wartawan supaya agenda kerja selanjutnya berupa program yang dibuat menjadi langkah kerja adalah menjadi bagian tak terpisahkan dari semua pihak sehingga pekerjaan yang berat menjadi ringan, berkat kerja sama terjalin, tutup Judin.
                                                             
    Karimun News.com-Stanly Massie : Editor  IEMW.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...