Kejari Karimun “Diduga Keras Endapkan Kasus Korupsi", Menpan RB Perintahkan Pejabat dan PNS Berijazah Palsu Dicopot, SI JAGO MERAH MENGAMUK DI BAPPEDA KARIMUN, Tekad PKS Akan Menangkan Rafiq Jadi Bupati Karimun Periode 2015-2020, Pemerintah Menetapkan Gaji Pensiunan PNS Terendah Rp. 1.486.500,-, Hussein: "Kami Tak Meminta Apapun,Hanya Kedamaian Beribadah", Kajari Karimun, Rudi Margono SH. Diminta Tuntaskan Kasus Korupsi Yang Diendapkan Supratman Khalik SH.,

Selasa, 21 Maret 2017

Dinas PMD Kabupaten Karimun Adakan Teknis Pengelolaan Dan Pelaporan Penggunaan Anggaran Dana Desa


Tampak serius : Para kepala desa mengikuti pelatihan/bimbingan dipandu nara sumber
(Foto dok-KNs)

Tg Balai Karimun – KNs.com
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) kabupaten Karimun Drs H. Swedi adakan kegiatan Workshop peningkatan pengelolaan dan pelaporan penggunaan dana desa kepada para kepala desa se-kabupaten Karimun bertempat di aula Kemenag Jl. Poros kec. Meral. 

    Kepala desa yang hadir dalam acara itu sebanyak 42 orang. demikian Swedi melalui Abdullah selaku penanggung jawab kegiatan pada wartawan media ini saat dikonfirmasi dilokasi kegiatan pada 20/3-2017. Dijelaskannya, kegiatan ini diadakan selama 5 hari terhitung tanggal 19 Maret s/d 23 Maret 2017, dan para kepala desa itu kebanyakan dari luar pulau Karimun besar mereka kami beri fasilitas penginapan di hotel termasuk 2 (dua) orang nara sumber selaku tenaga ahli dari Jakarta.


    Siapa PPTK kegiatan ini tanya media. Dijelaskan bahwa selaku PPTK adalah ibu Magdalena tetapi karena beliau sedang sibuk bersama para tamu undangan/para kepala desa-red, maka  saya sebagai penanggung jawab kegiatan, saya dipercaya untuk menjelaskan permasalahan ini untuk expos media.

    Lebih lanjut diungkapkannya bahwa hal ini adalah penting untuk diexpos karena anggaran yang digelontorkan pemerintah pusat dari dana APBN setiap tahunnya perlu kami laksanakan secara transparan agar tidak menimbulkan praduga dimasyarakat luas. 

    Ditanya anggaran APBN tahun 2017 untuk dana desa dia menjelaskan tahun ini 2017-red anggaran APBN yang dikucurkan pemerintah pusat ke kabupaten Karimun adalah sebesar Rp 35.818.950.000 M. (tiga puluh lima milyar delapan ratus delapan belas juta Sembilan ratus lima puluh ribu rupiah) selanjutnya dana/anggaran itu akan dikucurkan dalam dua tahap kepada para kepala desa melalui rekening desa atas nama kepala desa dan bendahara dalam wilayah kerja.

    Diantara sumber menyebutkan dalam tatanan prosedural dan mekanis, dana desa tersebut adalah merupakan kegiatan fisik maka diharapkan untuk dilaksanakan sesuai petunjuk agar tidak menimbulkan persoalan dikemudian hari ; artinya dari pihak PMD, ada tim teknis untuk melakukan pemantauan dan pengawasan agar proyek bangunan fisik itu tidak menyimpang dari ketentuan.

    Selain tim teknis yang ada, sumber juga mengimbau kepada pihak imspektorat kabupaten (Itwilkab) untuk melakukan pengawasan melekat agar tidak terjadi penyimpangan dan/ataupenyalahgunaan wewenang yang mengarah kepada perbuatan pidana maka halnya akan diproses sesuai hukum berlaku.  Ungkap sumber seraya mengimbau kepada penerima dana anggaran desa (DAD) untuk selalu waspada.  (Karimun News.com) Stanly Massie

WORKSHOP PENINGKATAN PENGELOLAAN DAN PELAPORAN PENGGUNAAN DANA DESA TAHUN 2017
ABDULLAH SELAKU PPTK Penanggung jawab kegiatan

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...