Kejari Karimun “Diduga Keras Endapkan Kasus Korupsi", Menpan RB Perintahkan Pejabat dan PNS Berijazah Palsu Dicopot, SI JAGO MERAH MENGAMUK DI BAPPEDA KARIMUN, Tekad PKS Akan Menangkan Rafiq Jadi Bupati Karimun Periode 2015-2020, Pemerintah Menetapkan Gaji Pensiunan PNS Terendah Rp. 1.486.500,-, Hussein: "Kami Tak Meminta Apapun,Hanya Kedamaian Beribadah", Kajari Karimun, Rudi Margono SH. Diminta Tuntaskan Kasus Korupsi Yang Diendapkan Supratman Khalik SH.,

Sunday, June 29, 2014

SEKTOR PERTANIAN KARIMUN MENJADI PRIMADONA PASOKAN NEGARA DAN DAERAH



Tg Balai Karimun KNs.
Karimun adalah sebuah Kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten induk (Kepulauan Riau-red) berdasarkan UU RI No 53 Th 1999. Awalnya Kabupaten Karimun hanya memiliki 3 kecamatan yakni Karimun, Moro dan Kundur.

Muhammad Arffan -
Kabid Kehutanan dan Perkebunan
  
Sesuai perkembangan zaman yang disejalankan dengan laju pertumbuhan penduduk, akhirnya Kabupaten Karimun dimekarkan menjadi 12 kecamatan. Sebagai daya dukung sumber pendapatan perkapita nasional terutama masyarakat  setempat, sekaligus untuk menunjang pasokan pajak penghasilan, dari sector pertanian.

Untuk diketahui bahwa hasil pertanian di Kabupaten Karimun yang menonjol secara tuun menurun adalah Durian, Karet, Kelapa, Sagu, Rambutan, Gambir serta palawija dan budidaya ikan darat. Karena sector pertanian menjadi sumber vaforit, maka halnya perlu dikelola dan diawasi dengan baik  unuk  mencegah masuknya barang import.

Ketahanan pangan nasional sudah dapat dipertahankan secara utuh dan konsekwen melalui sector pertanian, maka
langkah antisipasi untuk mencegah barang import, menjadi langkah prioritas. Artinya masyarakat negeri ini, dianjurkan untuk mencintai barang hasil produksi dalam negeri tanpa menafikan kegiatan import-red.

Sukrianto Putra - Kabid Pertanian dan Tanaman pangan
Demikian H Zainal Abidin salah seorang pengamat ekonomi di Tg Pinang Kepulauan Riau  saat dimintai komentarnya beberapa waktu lalu. Dia mengatakan, ketahanan pangan nasional dan daerah menjadi daya dukung pembangunan bangsa, maka lahan pertanian di Karimun Kabupaten hasil pemekaran itu perlu digalakan dan ditingkatkan, terutama tanah terbiar dan terlantar harus dimanfaatkan sesuai fungsinya agar pertumbuhan ekonomi menjadi tetap signivikan. Imbau Zainal.

Melalui kondisi itu sehingga membuat Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Kabupaten Karimun H. Amran Sahidid SP. berperan secara proaktif menumbuh kembangkan minat petani untuk meningkatkan sumber pendapatan melalui swasembada pangan.

Kiat Amran terlihat saat membuka beberapa kegiatan kompencapir dalam wilayah kerja diantaranya ialah menggalakan tanaman padi ladang di desa Teluk Radang kecamatan Kundur Utara. Program ini kita lakukan ungkap dia, antara lain dengan membuka lahan seluas 270 hechtare dilokasi kampung Jawa desa setempat dan halnya tetap kita lakukan pembinaan sehingga hasil panen nantinya menjadi maksimal sesuai harapan.

H. Arman Sahidid SP. -
Kadistanhut Kab.Karimun
Buya sapaan akrab dari H. Amran Sahidid SP. dikenal santun dan memiliki beagroun dibidang Tabligh itu pada media mengatakan, dari total areal seluas 270 Ha dan 160 Ha lahan siap tanam dengan capaian hasil panen diatas rata rata sejak tahun 2011 silam sehingga halnya sangat membantu pertumbuhan ekonomi warga setempat.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan hasil panen gabah kering meningkat 5,2 ton/hechtare kalau dibandingkan dengan tahun sebelumnya hanya 3,2 ton per hechtare.

Lebih lanjut dikatakan bahwa kegagalan saat itu karena padi jenis varietas sangat rentan dengan ‘elminfoforium, dan langkah antisipasi untuk menangani gagal panen, Distanhut sudah melakukan penyemprotan menggunakan fungsisida jenis DT45 walaupun hasilnya belum maksimal.

Masih menurut Buya, factor lain yang menjadi peneyebab terhadap gagal panen padi ladang daerah itu, adalah apa bila musim banjir dan air pasang besar atau istilah warga tempatan “pasang keling, juga menjadi penyebab karena kita belum memiliki pintu air.

Diakhir penjelasan Buya mengapresiasi kinerja petani karena pada panen raya pertama, langsung dilakukan oleh Bupati Karimun Bapak DR H Nurdin Basirun S.Sos M.Si dilokasi panen desa Teluk Radang Kundur Utara. Tutup Buya. Tim Redaksi Karimun News.Com
 

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...