Kejari Karimun “Diduga Keras Endapkan Kasus Korupsi", Menpan RB Perintahkan Pejabat dan PNS Berijazah Palsu Dicopot, SI JAGO MERAH MENGAMUK DI BAPPEDA KARIMUN, Tekad PKS Akan Menangkan Rafiq Jadi Bupati Karimun Periode 2015-2020, Pemerintah Menetapkan Gaji Pensiunan PNS Terendah Rp. 1.486.500,-, Hussein: "Kami Tak Meminta Apapun,Hanya Kedamaian Beribadah", Kajari Karimun, Rudi Margono SH. Diminta Tuntaskan Kasus Korupsi Yang Diendapkan Supratman Khalik SH.,

Friday, September 12, 2014

Sektor Pertanian Karimun Provinsi Kepri Memicu Pertumbuhan Ekonomi Makro

Camat Meral Kab. Karimun
 Eko Riswanto S-STP,MP
Meral Karimun - KNs
Pertumbuhan ekonomi di Kabupeten Karimun Provinsi Kepri saat ini diantaranya  dipicu dari hasil pertanian yang digalakan oleh petani setempat. Pantauan Portal Berita Karimun News.Com didaerah itu menyaksikan usaha kaum tani dan nelayan sebagai alternative jitu untuk pasokan daerah melalui APBD.

Diantara sumber yang sempat berbincang bincang dengan awak media mengatakan potensi Kabupaten Karimun dengan luas wilayah 7.984 KM2 terdiri dari laut 6.460 dan darat 1524 KM2 adalah karunia Allah Tuhan sekalian alam untuk dimanfaatkan secara maksimal maka selaku petani, kami akan memanfaatkan dengan baik untuk sumber pendapatan dan pasokan daerah. Ungkap sumber penuh percaya diri.

Pada suatu kesempatan Pimpinan Redaksi Karimun News.Com sempat berbincang bincang dengan Camat Meral Eko Riswanto S-STP,MP diruang kerjanya mengatakan, untuk Kecamatan Meral yang dipimpinnya itu menyimpan potensi yang sangat potensial diantaranya ialah sektor tambang dan produksi ; dan tak kalah pentingnya adalah sector pertanian selaku sumber daya hayati didarat, dan laut sebagai sumber pasokan memadai yang digeluti para nelayan secara turun temurun.

Secara lebih spesifik Eko yang
merintis karirnya dari jenjang karir hingga pejabat eselon itu pada media mengatakan kita terus bersemangat terutama dengan membaca peluang dan  potensi diwilayah Meral yang sangat potensial antara lain seperti luasnya lahan terbentang untuk diolah menjadi sawah/kebun, sector peternakan, dan budidaya ikan air tawar.

Hal itu perlu digalak kan ungkap Eko, karena selama ini masalah sayur mayur dan buah buahan serta 9 kebutuhan pokok selain dihasilkan oleh petani setempat, juga kebanyakan  kita menunggu pasokan dari luar daerah/negara ; dan hal itu bukannya tidak boleh ungkap dia, tetapi kalau masih ada potensi dan peluang mengapa itu diabaikan. Ungkap eko member motivasi kepada petani.

Artinya dengan potensi yang ada sebagaimana disebutkan diatas, maka petani daerah ini harus digalak kan dan terus di motivasi agar mereka selalu bersemangat untuk bercocok tanam dan budidaya dengan tidak menafikan sector industry dan sebagainya.
Agar permasalahan tani daerah ini dapat berpotensi sesuai harapan maka diimbau kepada instansi terkait dan berwenang dapat memberi penyuluhan dan pelatihan agar hasil tani yang diperoleh itu menjadi maksimal untuk dijadikan sumber penghidupan masyarakat juga sebagai upaya memberi pasokan daerah melalui pajak (PBB). Demikian salah seorang sumber dari masyarakat setempat yang minta identitasnya tidak ditulis dimedia saat dimintai komentarnya oleh Crew KNs.Com

Diungkapkan dia bahwa  sektor industri dan produksi di Karimun ini memang sangat terbatas, tidak seperti di Batam, maka kegiatan pertanaian daerah ini Kabupaten Karimun-red perlu terus  digesah dan kembangkan agar pertumbuhan ekonomi makro menjadi signifikan.


Masih menurut dia, saya rasa permasalahan pertanian dan budidaya itu penting dikembangkan, dari pada mengejar yang tidak jelas, seperti contoh warga/masyarakat kita yang mau bekerja di sektor industri harus punya keahlian tertentu," betul tak, pungkasnya seolah balik bertanya pada media.

Diakhir keterangannya Eko mengatakan, permasalahan tanaman tumbuh keras/tahunan seperti kelapa, durian, nangka dan sebagainya di Kecamatan Meral selama ini adalah primadona termasuk tanaman tumbuh lainnya seperti nenas, semangka, tomato, cabai juga andalan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Untuk itu maka saya minta kepada bapak Bupati Karimun DR. H. Nurdin Basirun S.Sos M.Si melalui Dinas Pertanian, Kehutanan dan perkebunan/peternakan Kabupaten Karimun untuk mengadakan Tim penyuluh diwilayah ini agar dapat Lebih memotifasi kegiatan para petani setempat. Tutup Eko. Daktur Karimun News.Com

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...