Kejari Karimun “Diduga Keras Endapkan Kasus Korupsi", Menpan RB Perintahkan Pejabat dan PNS Berijazah Palsu Dicopot, SI JAGO MERAH MENGAMUK DI BAPPEDA KARIMUN, Tekad PKS Akan Menangkan Rafiq Jadi Bupati Karimun Periode 2015-2020, Pemerintah Menetapkan Gaji Pensiunan PNS Terendah Rp. 1.486.500,-, Hussein: "Kami Tak Meminta Apapun,Hanya Kedamaian Beribadah", Kajari Karimun, Rudi Margono SH. Diminta Tuntaskan Kasus Korupsi Yang Diendapkan Supratman Khalik SH.,

Thursday, January 15, 2015

SMP NEGERI I TG BALAI KARIMUN PATUT DIJADIKAN SEKOLAH PERCONTOHAN BERTARAF NASIONAL DAN INTERNATIONAL

J:\DCIM\100MEDIA\FILE2129.JPG
Sugianto MM.
Kepala sekolah SMP Negeri I Tg Balai Karimun
Tg Balai Karimun - karimunnews.com.
Dalam proses belajar dan mengajar disekolah, tidak terlepas dari kurikulum dirancang pemerintah dan diterapkan melalui Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Adapun maksud dan tujuan pemerintah adalah sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan agar mudah diserap anak didik sebagai upaya memajukan dunia pendidikan di tanah air.

Pantauan media ini dibeberapa sekolah khususnya di Tg Balai Kecamatan Karimun Provinsi Kepri dan pada 14/1-2015 sempat mewawancarai Kepala sekolah SMP Negeri I Tg Balai Karimun “Sugianto MM diruang kerjanya.

Saat bincang bincang, dengan nada santai Sugianto sedikit membeberkan begroun pengabdian diawalinya di SMP Negeri Binaan Karimun sejak  tahun 2006 – 2010. Selanjutnya pada medio Juli atau tepatnya pada tanggal 01 Juli 2010 saya  dimutasi ke SMP Negeri I Tg Balai Karimun dengan jabatan structural sebagai Kepala sekolah sampai saat ini. Demikian Sugianto MM mengisahkan perjalanan karirnya didunia pendidikan,pada media.

Diungkapkannya tentang mekanisme dan prosedur pendidikan belajar
mengajar disekolah yang dipimpinnya, diungkapakan dia bahwa kami disekolah ini tidak mengejar kwalitas murid terkecuali bagaimana upaya saya bersama rekan rekan selaku majlis guru disekolah ini untuk mendapatkan kwantitatif sehingga mutu pendidikan akan menjadi lebih baik dan terbaik menurut standarisasi kedaerahan kabupaten Karimun Provinsi Kepri khususnya dan nasional NKRI, dan didunia international pada umumnya.

Ditanya tentang jumlah guru dan siswa pada sekolah yang dipimpinnya serta persentase  kelulusan pada setiap tahun berjalan Sugianto menjelaskan, jumlah guru dan TU disekolah ini sebanyak 56 orang, sedangkan siswa sebanyak 793 siswa dengan persentase kelulusan pada tahun 2024 ini tercatat 100 persen.  Ungkap pria kelahiran kota Bengkalis/Riau 48 tahun silam itu penuh pesona atas prestasi gemilang tentang kelulusan 100 % yang disandangkan Kemendiknas RI pada sekolah yang dipimpinnya itu.

J:\DCIM\100MEDIA\FILE2131.JPG
Keberhasilan ini tidak akan kami capai apabila tidak didukung wali murid terutama Majlis guru disekolah ini ; atas dukungan dan partisipasi semua pihak terutama wali murid dan Majlis guru dengan dimotifasi oleh Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Karimun sehingga semua program studi yang kami lakukan dengan penuh rasa tanggung jawab, yang berujung pada prestasi anak didik meraih kelulusan 100 %-red.

Diakuinya bahwa selaku anak ke 5 dari 8 bersaudara itu, sejak kecil  saya selalu diajak disiplin oleh kedua orang tua saya, sehingga kepada anak anak saya dirumah juga selalu saya terapkan sikap disiplin agar kelak setelah dewasa dan berumah tangga nanti, mereka harus mampu beradaptasi kepada masyarakat dalam arti positif sehingga mereka tidak terkucil dalam pergaulan dengan warga sekitar.
J:\DCIM\100MEDIA\FILE2130.JPG
Berawal dari kebiasaan itulah sehingga berbicara tentang disiplin waktu disekolah ini, saya terapkan sistim yang sangat sistimatis yaitu anak didik diwajibkan masuk belajar pagi dimulai dari jam 6.30 WIB dan pulang sore sebagaimana biasanya. Kalau disiplin waktu ini sudah kita terapkan secara dini kepada diri anak didik, tentunya hal itu akan dijadikan pengalaman berharga nantinya selama mereka berada ditengah tengah masyarakat.

Artinya kondisi itu merupakan ekstra kurikuler untuk dijadikan indicator memotifasi diri mengajak warga secara tidak langsung untuk kegiatan sosial kemasyarakatan dan/atau gotong royong sebagai bentuk bakti sosial dimanapun mereka berada. Dan kegiatan ekstra kurikuler yang kami lakukan disekolah ini, kami selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Karimun yang menaungi dunia pendidikan di daerah ini.

Mereka bicara :

R. Khairuddin alias Raja Atan salah seorang Tokoh masyarakat Karimun saat dimintai komentarnya oleh media terkait kinerja dan prestasi gemilang ditoreh sekolah SMP Negeri I Tg Balai Karimun pimpinan Sugianto MM. dan jajarannya itu, Atan sapaan manja R. Khairuddin  mengatakan selaku warga Karimun kami bangga atas keberhasilan itu, semoga keberhasilan yang diraih terus ditingkatkan agar sekolah SMP Negeri tertua di Tg Balai karimun dibangun sejak tahun 1957 itu, akan membawa nama baik dunia pendidikan Kepulauan Riau ditingkat nasional dan didunia international pada umumnya.

Semoga kebiasaan dan keberhasilan berharga itu akan menjadi contoh dan ditauladani oleh tenaga pendidik lainnya di tanah air terutama tenaga pendidik di Kepri dan Kabupaten Karimun agar anak didik selaku generasi penerus pembangunan negeri ini tetap termotifasi oleh ilmu yang diserap dibangku sekolah dimanapun mereka belajar. Ungkapnya mengakhiri.

KNs. Stanly Massie. Editor M. Mansyur Witak 

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...