Kejari Karimun “Diduga Keras Endapkan Kasus Korupsi", Menpan RB Perintahkan Pejabat dan PNS Berijazah Palsu Dicopot, SI JAGO MERAH MENGAMUK DI BAPPEDA KARIMUN, Tekad PKS Akan Menangkan Rafiq Jadi Bupati Karimun Periode 2015-2020, Pemerintah Menetapkan Gaji Pensiunan PNS Terendah Rp. 1.486.500,-, Hussein: "Kami Tak Meminta Apapun,Hanya Kedamaian Beribadah", Kajari Karimun, Rudi Margono SH. Diminta Tuntaskan Kasus Korupsi Yang Diendapkan Supratman Khalik SH.,

Tuesday, March 10, 2015

DIALOG INTERAKTIF DENGAN PENGURUS SUKU, ETNIS DAN PEGUYUBAN DIBAWAH NAUNGAN PFK

J:\DCIM\100MEDIA\FILE2189.JPG
Tampak Drs. H. Anuar Abu Bakar Anggota DPRD Karimun tengah
diapit H. Abusama H. Arab Ketua FPK kanan mengenakan peci
dan Mul selaku sekretaris sebelah kiri juga mengenakan peci.

Tg Balai Karimun KNs.
Salah satu dari 30 orang Anggota DPRD Kabupaten Karimun pada 9/3-2015 membuka kesempatan untuk berdialog dengan warga yang tergabung dalam 23 pengurus Suku, Etnis dan Paguyuban dibawah naungan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten pimpinan H.Abusama H.Arab.

Adalah Drs H. Anuar Abu Bakar Anggota DPRD Kabupaten Karimun periode 2014-2019 berkeinginan untuk menampung aspirasi masyarakat luas dalam wilayah kerja, dengan memilih lokasi pertemuan  disebuah rumah milik warga Jl. Kapling depan SMP Negeri 2 Tg Balai Karimun, selanjutnya dijadikan bahan usulan pada rapat Komisi dan/atau Fraksi untuk dibahas pada paripurna DPRD Kabupaten Karimun.

J:\DCIM\100MEDIA\FILE2188.JPG
Tampak Pengurus Suku, Etnis dan Paguyuban dilokasi acara

Pantauan Karimun News.Com dilokasi acara, tampak pertemuan dibuka secara resmi oleh pembawa acara, dan dihadapan ± 30 orang anggota peserta yang hadir, Anuar Abubakar mengatakan walaupun acara ini secara informal, tetapi saya ingin bersama masyarakat untuk menginspirasikan pembangunan di Kabupaten Karimun dalam arti luas baik infrastruktur dan non, agar kedepan menjadi setara dengan daerah lainnya diprovinsi Kepri ini yang telah lebih dulu maju. Ungkap Nuar sapaan manja dari Drs H. Anuar Abubakar penuh percaya diri.

Diungkapkan dia bahwa sesuai tugas dan fungsi kami selaku Anggota DPR khususnya di Kabupaten Karimun ini, ada 3 fungsi yang kami emban yaitu pengawasan, legislasi dan anggaran. Artinya selama ini pihak kami selaku  Legislator selalu mengawasi pembangunan yang dianggarkan melalui dana APBD pada setiap tahun anggaran berjalan.

Oleh karena itu dan untuk mencapai sasaran pembangunan yang netral dan obyektif sesuai usulan eksekutif untuk dilaksanakan secara transparan dan akuntabilitas sebagaimana di amanatkan melalui UU RI  No 14 Th 2008 tentang keterbukaan informasi public, walaupun selama ini masih terdapat kekurangan karena selaku manusia biasa kami memiliki kelemahan. Tukas Nuar yang telah berpengalaman selaku Anggota Legislatif  DPRD Karimun selama  3 periode, yakni Periode I 2004 – 2009. Periode II 2009 – 2014. Dan periode III 2014 – 2019-red.

Pemilu kada serentak

Dilain pihak Drs H Anuar Abubakar melalui Form pertemuan itu mengatakan, dengan disahkannya UU No 1 Th 2015 tentang Pemilukada serentak, maka Kabupaten Karimun dan Provinsi Kepri masuk dalam nominasi pemilukada serentak yang akan diselenggarakan pada Desember 2015 mendatang.

Dijelaskan dia bahwa saat ini baik untuk pemilukada Bupati Karimun maupun Gubernur Kepri, telah ada beberapa nama beredar sesuai ekspos media diantaranya ialah wakil Bupati Karimun H.Aunur Rafiq S.Sos M.Si diketahui telah mendaftarkan diri melalui Parpol Demokrat untuk mencalonkan diri menjadi Bupati Karimun periode 2015-2020.  Demikian juga dengan Bupati Karimun DR H. Nurdin Basirun S.Sos M.Si akan ikut bertarung di Pilkada Gub.

Melalui seisen dialog, para peserta diberi kesempatan untuk melakukan dialog/tanya jawab diantaranya ialah Peguyuban dari Sumatera bagian selatan  di Karimun yang dipercayakan warganya selaku ketua adalah R. Hadimi SH.

Hadimi baik secara peribadi maupun atas nama paguyuban, mengapresiasi kinerja Bupati Karimun DR H. Nurdin Basirun S.Sos M.Si dan wakilnya H. Aunur Rafiq S.Sos M.Si atas keberhasilannya menata pembangunan Kabupaten Karimun yang dikenal dengan julukan Bumi  Ber-azam itu, sehingga membuat pembangunan infrastruktur dan non daerah ini dijadikan primadona bagi masyarakat dalam dan luar negeri, yang selalu berkunjung ke Kabupaten Karimun Provinsi Kepri yang ditata rapi oleh kedua putra terbaik pilihan masyarakat Karimun selama 2 (dua) periode itu.

Lebih lanjut Hadimi kembali menegaskan bahwa Pemilu kada Bupati dan wakil Bupati adalah merupakan momen terbuka bagi siapa saja yang punya kemampuan untuk ikut bertarung di pesta Demokrasi pemilu kada Bupati dan wakil Bupati Karimun, serta Gubernur dan wakil Gubernur Kepri mendatang (2015 -2020-red). Jadi dalam hal ini secara kasat mata saya melihat, dan seandainya bapak Drs H. Anuar Abu Bakar punya kesempatan, mengapa tidak, dan seandainya hal itu terjadi, kiranya menjadi hal yang positif dan itu kiranya lebih baik. Ungkap Hadimi yang dibalas dengan senyum simpul dari Anuar Abu Bakar.

Sementara dari penanya lainnya yaitu dari Paguyuban Banjar disampaikan oleh pengurusnya  Arfan, dan dari Persatuan Keluarga Flores Karimun disampaikan oleh M. Mansyur Witak selaku Ketua Warga Muslim Flores. Pada kesempatan itu dan oleh kedua penanya, secara spesifik memberi masukan dan kritisi sehat untuk dibahas melalui sidang paripurna DPRD Karimun yaitu menyangkut dana aspirasi DPR dan permasalahan lahan dan status kepemilikan tanah yang ditinggalkan oleh PT. Timah Persero pada tahun 1993 silam.  

Dari semua pertanyaan, ada yang dijawab secara spontan oleh Anggota Legislatif 3 periode itu termasuk masalah dana aspirasi sedangkan permasalahan lahan Eks PT Timah, Anuar berjanji akan dibahas bersama melalui rapat pleno di DPRD Karimun. Ketus Anuar memberi harapan.

Seperti diuraikan diatas tentang Figur calon pemimpin Bupati Karimun dan wakil periode 2015 – 2020, tampak Anuar Abu Bakar selalu menepisnya penuh arti. Artian, bukan seperti istilah pepata mengatakan ‘hidung tak mancung tetapi pipi tersorong sorong, namun ini momen politik yang diamanatkan oleh UU dan untuk memajukan kadernya ikut bertarung di kanca pemilukada, ada mekanisme dan prosedur yang diatur melalui Parpol. Jadi sekali lagi saya katakana lanjut Nuar, bahwa ini adalah amanat partai dan momen yang harus disambut oleh kader partai maka saya siap maju untuk mendampingi pak Rafiq ‘kalah atau menang itu hal yang biasa tergantung suratan takdir. Ungkapnya bersahaja.

Sebelum acara ditutup pada ± 0.22 WIB, H. Abusama H. Arab selaku Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) sekaligus sebagai Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Karimun mengatakan, secara organisatoris kami dari Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Karimun, tidak terlibat politik praktis, terkecuali dari pengurus Suku, Adat, Peguyuban dan Ras, saya tidak mearang karena itu menyangkut hak warga Negara untuk berpolitik sesuai amanat UU tentang Pemilihan Umum yang diselenggarakan sekali dalam 5 tahun. Tutup Abu sapaan akrab H. Abusama H. Arab.  KNs. Tim redaksi

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...