Kejari Karimun “Diduga Keras Endapkan Kasus Korupsi", Menpan RB Perintahkan Pejabat dan PNS Berijazah Palsu Dicopot, SI JAGO MERAH MENGAMUK DI BAPPEDA KARIMUN, Tekad PKS Akan Menangkan Rafiq Jadi Bupati Karimun Periode 2015-2020, Pemerintah Menetapkan Gaji Pensiunan PNS Terendah Rp. 1.486.500,-, Hussein: "Kami Tak Meminta Apapun,Hanya Kedamaian Beribadah", Kajari Karimun, Rudi Margono SH. Diminta Tuntaskan Kasus Korupsi Yang Diendapkan Supratman Khalik SH.,

Monday, February 22, 2016

PEMKAB KARIMUN GALAKKAN PROGRAM SABTU BERSIH



UNTUK MENCIPTAKAN LINGKUNGAN SEHAT DAN BERSIH
 PEMKAB KARIMUN GALAKKAN PROGRAM SABTU BERSIH

Bupati Karimun H. Aunur Rafiq S.SOs M.Si

Tg Balai Karimun-KNs
Sehat adalah faktor utama dalam kehidupan pribadi, keluarga dan masyarakat pada umumnya. Untuk mencapai hidup sehat sebagaimana dimaksud, tentunya dimulai dari lingkungan  yang bersih. Hal itu mengingatkan kita pada sebuah pepatah lama mengatakan “bersih pangkal sehat, dan sehat pangkal kaya”.  

Berawal dari permasalahan tersebut dan akhirnya Bupati Karimun H. Aunur Rafif S.SOs M.Si merancang program dengan menggalakan kegiatan gotong royong pada setiap hari Sabtu atau dikenal dengan “Sabtu Bersih”. Untuk dijadikan catatan dan perhatian warga Kabupaten Karimun tentang menjaga ketertiban umum dan kebersihan lingkungan, telah diatur payung  hukumnya dengan peraturan daerah/Perda No 7 tahun 2013 tentang pengelolaan sampah.


Peraturan daerah sebagaimana dimaksud, agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan terkecuali pada tempat tertentu untuk selanjutnya dibawa ketempat pembuangan akhir sampah (TPAS) di Sememal kelurahan Pasir panjang Kec. Meral Barat  Kabupaten Karimun.

Pantauan media ini dilokasi Kegiatan gotong royong pada Sabtu bersih sesuai program, diawali oleh Bupati Karimun H. Aunur Rafiq pada beberapa minggu silam yang dimulai dari kelurahan Sei Lakam Timur atau tepatnya di deretan pondok bambu ke arah barat diikuti oleh Lurah Sei Lakam Timur, Camat Karimun dan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan pemuda setempat.   


 Eko Riswanto, S.STP,MP

Kegiatan serupa juga dilaksanakan oleh Camat Meral Eko Riswanto, S.STP,MP di Wonosari kelurahan Baran Timur bersama Tokoh masyarakat serta pemuda setempat, bersama  anggota TNI dan Polri dalam wilayah tugas. Ketika dikonfirmasi melalui telpon selulernya, Eko sapaan akrabnya menjelaskan kegiatan ini adalah program pemerintah Kabupaten Karimun pimpinan bapak H. Aunur Rafiq S.SOs M.Si untuk dilaksanakan pada setiap hari Sabtu, atau dikenal dengan sabtu bersih sebagaimana disebutkan diatas.

Nanti pada sabtu depan ungkap Eko kita laksanakan di kelurahan Parit Benut dan seterusnya bergilir ke kelurahan lain dalam wilayah kerja ; dan akan dilanjutkan pelaksanaannya oleh ketua  RW di masing masing kelurahan secara sadar/bertanggung jawab untuk kebersihan dan kesehatan bersama.

Menyangkut masalah kebersihan lingkungan menuju kesehatan jiwa raga yang diatur dengan peraturan daerah/Perda dan yang melanggar  dikenakan sanksi pidana ringan (Tipiring) yaitu  denda sebesar Rp 10. Jt. maka masyarakat diimbau untuk menjaga kebersihan dilingkungan masing masing secara sadar dan bertanggung jawab dengan tidak membuang sampah disembarang tempat. Ungkap Eko dari balik telpon genggamnya.

Bersempena dengan kegiatan sabtu bersih untuk mendukung program pemerintah kabupaten Karimun pimpinan H. Aunur Rafiq S.SOs M.Si maka Camat Meral Barat melakukan kegiatan gotong royong di desa Pangke yang dilaksana secara bersamaan dengan Camat Meral di Wonosari pada 20/2-016.

Sehubungan dengan program sabtu bersih kepada beberapa warga ketika dikonfirmasi mengatakan karena program yang dicanangkan pemerintah, tentunya kita sambut baik  dan wajib dukung apalagi untuk kepentingan bersama ; tetapi dilain pihak kata mereka kiranya satu hal yang perlu menjadi perhatian pemerintah adalah bagaimana untuk penanganan tumpukan sampah usia gotong royong sebelum diangkut ketempat pembuangan akhir di Sememal. Ketus mereka dengan nada tanya.

Oleh karenanya maka pemerintah diimbau kepada membuat solusi untuk penampungan sampah sementara dibeberapa titik tertentu, agar hal itu tidak berdampak pada masyarakat akibat bauh busuk sampah dan sebagainya. Ungkap sumber yang minta jatidirinya tidak dipublikasi dimedia.  KNs  (MW/STANLY MASSIE) Editor : Witak

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...