Kejari Karimun “Diduga Keras Endapkan Kasus Korupsi", Menpan RB Perintahkan Pejabat dan PNS Berijazah Palsu Dicopot, SI JAGO MERAH MENGAMUK DI BAPPEDA KARIMUN, Tekad PKS Akan Menangkan Rafiq Jadi Bupati Karimun Periode 2015-2020, Pemerintah Menetapkan Gaji Pensiunan PNS Terendah Rp. 1.486.500,-, Hussein: "Kami Tak Meminta Apapun,Hanya Kedamaian Beribadah", Kajari Karimun, Rudi Margono SH. Diminta Tuntaskan Kasus Korupsi Yang Diendapkan Supratman Khalik SH.,

Tuesday, April 10, 2018

Kejati Kepri dihimbau Periksa PT. Grace Rich Marine. Terkait Retribusi pengerukan pasir laut untuk reklamasi.


PT.Grace Rich Marine adalah sebuah perusahaan asal Tiongkok yg mendapat izin mendirikan usaha Shipyard di Kabupaten Karimun Kepulauan Riau.

Kegiatan pengerukan pasir pada Zona tangkap nelayan di wilayah hukum kecamatan Meral Kabupaten Karimun itu, diperkirakan sudah satu tahun tetapi retribusi daerah yang di setor ke kas daerah melalui Bapendda setempat baru 3 bulan terhitung sejak tahun 2017 dan awal 2018.

Untuk memastikan legalitas dokumen kerja perusahaan itu maka wartawan media ini melakukan konfirmasi kepada KSOP KLS II Tg Balai Karimun dan pihaknya membenarkan bahwa PT. GRASE RIC MERIN melakukan kegiatan pengerukan pasir di area perusahaan miliknya, mereka telah mengantongi Surat Izin Kerja Keruk ( SIKK ),dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut ( Dirjen Hubla) No : SIKK BX 79/PP 2017. Tanggal 7 Maret 2017.


Dan sejak saat itu PT.Grace Rich Marine telah mengoperasikan beberapa kapal Keruk untuk menyedot pasir laut,selain untuk mendalamkan alur pelayaran sekitar perairan lokasi tempat usahanya maka material hasil kerukan juga digunakan untuk mereklamasi lapak area tempat usahanya.

Untuk mencari tahu tentang Retribusi pasir laut/pasir uruk yang telah dikeruk untuk kegunaan reklamasi oleh perusahaan asal Tiongkok itu, maka wartawan media ini melakukan konfirmasi kepada pihak Bapenda dan menurut sumber yang layak dipercaya menyebutkan bahwa retribusi daerah yg diterima Bapenda ( dulu Dispenda ) baru sekitar tiga bulan belakangan ini. Sementara kegiatan kerja Keruk PT. Grace Rich Marine sudah sekitar satu tahun.

Jika ditelusuri tentang adanya kegiatan kerja keruk pasir laut itu diduga kuat,PT. Grace Rich Marine,telah menggelapkan uang retribusi daerah Kabupaten Karimun,selama sembilan bulan kerja keruk, dengan Volume sudah tentu jutaan M3 material pasir uruk yg dieksploitasi dari laut Karimun.

Untuk itu maka diimbau kepada Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri untuk memeriksa  pembayaran pajak daerah Karimun dalam bentuk retribusi pasir uruk,yang diduga kuat telah digelapkan PT.Grace Rich Marine.

Untuk sosial kontrol yang meluas dan terarah dihimbau juga para aktivis LSM di Kabupaten Karimun berperan aktif dalam mengawasi kegiatan kerja keruk PT.Grace Rich Marine yang pernah over ackting mengeruk pasir hingga jauh keluar dari are yang diizinkan.Demikian hasil observasi " Karimun News. com" baru- baru ini di Tg. Balai Karimun. (Karimun News.com Admin).

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...